CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 28 Desember 2008

TAHUN BARU




TELAH DIRAYAKAN 4000 TAHUN LALU



Memakai topi kertas warna-warni dan membununyikan terompet tepat jam 12 malam, telah menjadi kebiasaan manusia abad ini dalam masyarakat tahun baru. Perayaan tahun baru makin meriah, karena setiap kota besar d berbagai negara diadakan pesta kembang api. Ribuan manusia turun ke jalan-jalan, menunggu datangnya 1 Januari. HΞßΘh,, kΔn. . . !!!



※―》 SΞJΔRΔH TΔHUN BΔRU 《―※



Pernahkah kalian berpikir, siapa yang mula-mula merayakan tahun baru? Apakah perayaan tahun baru dimasa sekarang sama dengan perayaan ribuan tahun lalu?

Adalah bangsa babilonia, yang pertama kali merayakan tahun baru, sekitar 400 tahun lalu. Bangsa Babillon merayakan tahun baru selama sebelas hari. Tiap hari dirayakan secara istimewa tujuannya adalah merayakan awal panen dan memulai penanaman tanaman.

Bangsa romawi memulai tahun baru pada bulan maret. Tapi sejak 153 SM, pemerintah menetapkan tahun baru pada tanggal 1 januari. Januari adalah bulan baru yang dituliskan oleh Julius Caesar, berdasarkan perputaran matahari 445 hari, pada 45 SM. Itulah awal tahun baru yang jatuh pada tanggal 1 januari. Sayangnya pihak gereja tidak menyukai perayaan tahun baru, padahal negara-negara di bagian barat merayakan hingga 400 tahun.

Merayakan tahun baru dengan pawai membawa bayi di keranjang, telah dilakukan masyarakat Yunani sejak 600 SM. Makannya mereka memperingati yesus kristus. Pada awalnya pihak gereja di mesir tidak menyukai kegiatan itu, lama-lama membiarkan kegiatan itu. Adapun masyarakat Amerika merayakan tahun baru dengan pawai kereta bunga 1886. Khusus untuk masyarakat New York, pesta tahun baru dirayakan di team squer. Tepat jam 12 malam, yang ditandai dengan bunyi terompet dan ledakan kembang api, masyarakat merayakan tahun baru dengan meriah.

Pada masa sekarang, tahun baru dirayakan dengan membunyikan terompet, memakai topi dan turun ke jalan-jalan sambil menunggu pergantian tahun tepat jam 12 malam. Hampir seluruh penduduk dunia keluar rumah. Tepat jam 12 malam, kialau cahaya sinar warna-warni dari semburan kembang api menyala di angkasa. Hampir setiap kota besar d berbagai negara menyalakan kembang api yang kini menjadi budaya. Heboh.!!! Dan seluruh penduduk bumi berharap tahun baru adalah awal kehidupan yang lebih baek.

0 komentar: